Slide Cahaya - Hati

Nurul Qolby 1234567 Slideshow: Nurul’s trip from Jakarta, Java, Indonesia to 3 cities , Bangladesh and Indonesia (near Benteng, Selayar Island) was created by TripAdvisor. See another Indonesia slideshow. Create a free slideshow with music from your travel photos.
http://tripwow.tripadvisor.com/tripwow/ta-009b-86da-4384

Minggu, 20 Maret 2011

KEHIDUPAN AKHERAT LABIH BAIK UNTUKMU

 oleh:nurul qolby
وللاخرة خير لك من الأولى
 
“Dan sesungguhnya akhirat itu lebih baik bagimu daripada kehidupan sekarang” (Ad-Dhuha: 4)
هذه الجملة مؤكدة باللام، لام الابتداء و{الاخرة} هي اليوم الذي يبعث فيه الناس، ويأوون إلى مثواهم الأخير إلى الجنة أو إلى النار، فيقول الله لنبيه صلى الله عليه وعلى آله وسلم
Kalimat ini ditegaskan dengan huruf lam, yakni lam ibtida’ (permulaan). Akhirat adalah hari dimana semua manusia akan dibangkitkan, dan mereka akan tinggal di tempat-tempat mereka yang terakhir, di Surga atau di Neraka. Maka Allah berfirman kepada Nabi-Nya shallallahu’alaihi wa ‘ala alihi wa sallam:
وللاخرة خير لك من الأولى
“Dan sesungguhnya akhirat itu lebih baik bagimu daripada kehidupan sekarang.”
أي: من الدنيا، وذلك لأن الاخرة فيها ما لا عين رأت، ولا أذن سمعت، ولا خطر على قلب بشر، وموضع سوط أحدنا في الجنة خير من الدنيا وما فيها، كما جاء ذلك عن رسول الله صلى الله عليه وعلى آله وسلم
Yakni daripada kehidupan dunia. Demikian itu karena dalam kehidupan akhirat terdapat padanya segala sesuatu yang tidak pernah dilihat oleh mata, tidak pernah didengar oleh telinga, dan tidak pernah terbetik dalam hati manusia. Bahkan tempat cambuk (cemeti) salah seorang dari kita di Surga kelak itu lebih baik daripada dunia dengan segala isinya. Hal tersebut sebagaimana telah disabdakan oleh Rasulullah shallallahu’alaihi wa ‘ala alihi wa sallam.
ولهذا لما خير الله نبيه صلى الله عليه وعلى آله وسلم في مرضه بين أن يعيش في الدنيا ما يعيش وبين ما عند الله، اختار ما عند الله، كما أعلن ذلك صلى الله عليه وعلى آله وسلم في خطبته حيث قال وهو على المنبر
Oleh sebab itu, Allah Ta’ala memberikan pilihan kepada Nabi-Nya shallallahu’alaihi wa ‘ala alihi wa sallam ketika beliau dalam keadaan sakit, yakni antara terus hidup di dunia atau memilih apa-apa yang ada di sisi Allah Ta’ala. Sebagaimana hal tersebut telah dinyatakan oleh beliau di saat khutbahnya di atas mimbar:
إن عبداً من عباد الله خيره الله بين أن يعيش في الدنيا ما شاء الله أن يعيش وبين ما عنده فاختار ما عنده
“Sesungguhnya ada seorang hamba di antara hamba-hamba Allah yang Allah berikan pilihan antara hidup di dunia sesuai kehendak Allah, dan atau memilih apa-apa yang ada di sisi-Nya, maka hamba itu memilih apa-apa yang ada di sisi-Nya.”
فبكى أبو بكر رضي الله عنه وتعجب الناس من بكائه كيف يبكي من هذا ولكنه رضي الله عنه كان أعلم الناس برسول الله صلى الله عليه وعلى آله وسلم. علم أن المخير هو الرسول صلى الله عليه وعلى آله وسلم، وأنه اختار ما عند الله وهو الاخرة، وأن هذا إيذان بقرب أجله
Maka seketika itu Abu Bakar radhiyallahu ‘anhu menangis, dan orang-orang merasa heran kenapa dia menangis setelah mendengar berita tersebut. Namun Abu Bakr radhiyallahu ‘anhu adalah orang yang paling mengerti tentang Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa ‘ala alihi wa sallam. Dia mengetahui bahwa seorang hamba yang Allah berikan pilihan padanya adalah Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa ‘ala alihi wa sallam. Dan beliau lebih memilihi apa-apa yang ada di sisi Allah, yaitu akhirat. Dan peristiwa ini merupakan sebuah isyarat yang menunjukkan dekatnya ajal beliau shallallahu ‘alaihi wa ‘ala alihi wa sallam.
Tafsir Al-Qur’anul Karim, Juz ‘Amma
Syaikh Muhammad bin Shalih Al-’Utsaimin rahimahullah
Alih Bahasa: Fikri Abul Hasan
http://img402.imageshack.us/img402/1663/commentsfb.png
Buat Facebook Comment, klik disini

Tidak ada komentar:

Posting Komentar