Slide Cahaya - Hati

Nurul Qolby 1234567 Slideshow: Nurul’s trip from Jakarta, Java, Indonesia to 3 cities , Bangladesh and Indonesia (near Benteng, Selayar Island) was created by TripAdvisor. See another Indonesia slideshow. Create a free slideshow with music from your travel photos.
http://tripwow.tripadvisor.com/tripwow/ta-009b-86da-4384

Sabtu, 02 April 2011

Jin dan Setan, bedanya apa sih?

Kemarin kita sudah membahas tentang jin. Nah mungkin kalian bertanya, apa bedanya jin dengan setan?

Baiklah! Kali ini Adzkia akan menjelaskan perbedaan antara jin dengan setan. Tidak sulit kok. Simak ya..!

Allah menjelaskah dalam Al-Qur`an, jin itu ada yang kafir dan ada yang muslim. Jin muslim beribadah kepada Allah seperti kita. Mereka tidak menganggu manusia. Sedangkan jin yang kafir gemar menggoda manusia. Mereka mengajak manusia untuk berbuat jahat. Nah jin macam inilah yang disebut setan. Jadi setan adalah golongan jin yang durhaka dan suka menggoda manusia untuk berbuat dosa, mengajak manusia meninggalkan perintah atau melanggar larangan Allah.

Ada juga setan dari golongan manusia, yaitu manusia yang durhaka dan mengajak orang lain agar durhaka seperti dirinya. Karenanya, dalam surat An-Naas, kita disuruh untuk berdoa, berlindung dari godaan setan jin dan setan manusia. Allah berfirman,
قُلْ أَعُوذُ بِرَبِّ النَّاسِ {1} مَلِكِ النَّاسِ {2} إِلَهِ النَّاسِ {3} مِن شَرِّ الْوَسْوَاسِ الْخَنَّاسِ {4} الَّذِي يُوَسْوِسُ فيِ صُدُورِ النَّاسِ {5} مِنَ الْجِنَّةِ وَالنَّاسِ {6

Katakanlah:”Aku berlindung kepada Rabb manusia”. Raja manusia. Sembahan manusia, dari kejahatan (bisikan) syaitan yang biasa bersembunyi, yang membisikkan (kejahatan) ke dalam dada manusia, dari jin dan manusia (QS. 114:1-6)

Apa beda setan dengan iblis?

Iblis adalah nama jin yang menggoda Nabi Adam agar memakan buah dari pohon terlarang. Akibatnya Nabi Adam dan Hawa diusir dari “jannah” tempat mereka tinggal. Iblis melakukannya karena dendam terhadap Nabi Adam.

Mengapa Iblis merasa dendam?

Setelah Allah menciptakan Nabi Adam, Allah memerintahkan para malaikat dan Iblis agar sujud memberi hormat kepada Nabi Adam. Tapi Iblis menolak karena merasa lebih baik dari Adam. Ia diciptakan dari api sedang Adam hanya dari tanah. Karena ulahnya ini, Iblis dilaknat dan dimurkai oleh Allah.

Sejak itu, Iblis sangat benci kepada Adam. Dia berniat menyesatkan Adam dan keturunannya. Sampai sekarang, Iblis menjadi pemimpin para setan dalam menyesatkan manusia. Berbeda dengan setan atau jin lain, Iblis ini tidak akan mati sampai hari kiamat kelak. Tapi setan atau jin yang lain bisa mati.

Jadi, iblis adalah pimpinan setan. Dialah yang memberi komando kepada setan-setan agar menggoda manusia dan menyesatkannya. Iblis dan setan telah diancam Allah dengan neraka. Kelak, mereka akan masuk neraka dan kekal di sana selama-lamanya. Karenanya, mereka tidak senang jika ada jin atau manusia yang masuk surga dan bahagia. Mereka ingin agar semua manusia juga merasakan penderitaan seperti mereka.

Kesimpulannya, jin adalah jenis makhluk ciptaan Allah, jin yang durhaka namanya setan, dan pemimpinya namanya “Iblis”.

Diciptakan dari api, kok disiksa dengan api?

Teman-teman, mungkin kalian bertanya, jin kan diciptakan dari api, kok dia disiksa dengan api? Memangnya setan akan tersiksa?

Begini, dahulu ada seorang ulama yang bernama Abu Hanifah ditanya seperti itu. Seseorang bertanya, “Wahai Abu Hanifah, bukankah setan itu diciptakan dari api? Apakah ia akan merasa tersiksa jika disiksa di neraka dengan api?”

Abu Hanifah tidak menjawab, beliau mengambil segumpal tanah kering yang sudah mengeras lalu dilemparkan kepada si penanya. Si penanya menjerit kesakitan dan marah, “Apa yang anda lakukan?”

Abu Hanifah bertanya, “Sakitkah rasanya?”

Si penanya menjawab, “Tentu saja!”

Abu Hanifah berkata, “Manusia diciptakan dari tanah, tapi meski demikian, ia masih kesakitan dilempar dengan tanah.”

Jadi, setan tetap akan tersiksa dengan api neraka karena api neraka itu beda. Api neraka sangat panas dan memang diciptakan untuk menghukum manusia atau jin yang durhakan kepada Allah. Karenanya, meski diciptakan dari api, mereka juga akan tersiksa dengan panasnya api neraka.
http://img402.imageshack.us/img402/1663/commentsfb.png
Buat Facebook Comment, klik disini

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar